~*~ Sudut Pandang Belum Tentu Sama ~*~

Teman pernahkah kalian mengalami suatu hal dimana ucapan ataupun tindakan yang kita lakukan dan kita anggap baik, namun ternyata belum tentu baik dari sudut pandang orang lain ? Kalaulah belum pernah maka bersyukurlah, kalaupun sudah mari kita muhasabah, sebenarnya mengapa hal itu bisa terjadi. Teringat sebuah nasihat "berfikirlah dulu sebelum bertindak atau berucap" nampaknya memang sangat berarti.
 
Kalau dari sudut pandangku sebagai orang awam yang haus akan nasihat dan perhatian, hal itu terjadi akibat kurangnya komunikasi yang baik atau komunikasi yang "kurang nyambung" yang diberikan salah satu pihak kepada pihak lain, sehingga berakibat salah pengertian antara yang dimaksut pihak pemberi pesan dengan pihak yang menerima pesan.

Terkadang kita terburu-buru berucap atau bertindak tanpa terlebih dulu memikirkan apa ya yang kira-kira terjadi jika aku mengucapkan atau melakukan hal tersebut? membuat orang sakit hati atau tidak? tapi juga tidak sepenuhnya salah dari pihak si pemberi pesan, namun emang kurang memahaminya pihak si penerima pesan yang tidak "sefrekuensi" dengan pihak pemberi pesan sehingga terjadi kesalahpahaman. Memang kalau yang aku rasain kita hendaknya mencoba sebaik mungkin dalam bertindak maupun sejelas mungkin dalam berucap ketika kita berinteraksi dengan orang lain sehingga tidak terjadi kesalahpahaman, yang mana awalnya bermaksut baik namun justru diterima dengan salah pengerian.

Ya Rabbi bimbinglah kami dalam bertindak dan bertutur kata yang penuh dengan keahsanan, aamiin.

Komentar

  1. Banyak faktor yang mengakibatkan perbedaan sudut pandang pak le, selain faktor KOMUNIKASI yg sdh dibahas diatas, ada diantaranya :
    1. Literatur, sudut pandang orang yg bnyk membaca tentu beda dgn yg jarang membaca
    2. Pengalaman, sudut pandang org tua yg sdh lbh berpenglmn tentu berbeda dgn sudut pandang anak jaman sekarng
    3. Prasangka negatif, ini kyknya sudah jelas, hehe..

    BalasHapus
  2. kepala boleh sama hitam, namun pemikiran dan cara pandang tentunya berbeda..yang bisa diharapkan hanyalah menyamakan persepsi..agar tidak terjadi salah paham lagi....salam :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya pak.. emang ada kalanya emang sudut pandang antara satu manusia dengan manusia lain itu berbeda barakallohu fik :)

      Hapus

Posting Komentar

Postingan Populer