~*~ Salah Satu Jasa Orang Tua ~*~

Teman-teman sering kali kita ketika berbicara tentang kasih sayang ataupun pengorbanan orang tua kepada anaknya sering terkait misal bagaimana Ibu merawat kita dalam kandungan ataupun perjuangan saat melahirkan, bagaimana Ayah atau bahkan Ibu kita banting tulang sampai ibarat kaki jadi kepala, kepala jadi kaki tuk menggambarkan betapa luar biasanya pengorbanan orang tua kepada anaknya. Sampai ada lagu "bagai sang surya menyinari dunia..." mengibaratkan bahwa jasa orang tua itu ikhlas tanpa minta balasan dari anaknya.

Namun bagiku ada salah satu jasa orang tua yang tidak kalah dahsyatnya ketimbang yang lain. Sadar atau tidak salah satu jasa orang tua kepada anaknya sewaktu kecil adalah menuntun anak supaya bisa berjalan. Kalau kita cermati sungguh aktivitas berjalan kaki itu sesuatu yang sangat sulit bagi manusia, berjalan membutuhkan proses yang luar biasa, proses yang begitu rumit keterkaitan antara otak, saraf, otot kaki sehingga bisa menghasilkan kesimbangan. Berbeda dengan hewan yang sejak dilahirkan atau ditelurkan induknya langsung bisa berjalan, misal anak ayam. 

Sungguh itu perjuangan yang luar biasa, para orang tua dengan sabar melatih anaknya agar bisa berjalan ketika waktu kecil, namun terkadang kita sebagai anak ketika sudah besar sudah bisa berjalan bahkan berlari, saat hanya diminta mengambilkan air minumpun bilang "malas ah.." 

ya الله ampuni dosa2 kami yg terkadang masih berani kepada orang tua kami, ampuni dosa Bapak Ibu kami, beri kami semua hidayah-Mu آمين

Komentar

Postingan Populer