~*~ Belajar Sepeda ~*~


Ku kayuh ontelan itu dengan begitu semangatnya, namun tak kalah semangatnya juga Bapak memegangi tongkat yang dipasang dibagian belakang sepadaku.



Suatu hari aku pengen cepat pulang ke rumah saat sekolah SD kelas 2 tahun 1993. Hal ini dikarenakan katanya Bapak mau membelikan sepeda.

Ketika bel pulang sekolah berbunyi kencang, aku langsung tancap gas berlari untuk bisa cepat sampai di rumah. Sesampainya di rumah ku dapati sepeda bekas berwarna hijau yang modelnya tidak seperti umumnya sepeda. "Ah kenapa sepedanya seperti ini", gumam ku. Tapi mau gimana pun ini pemberian Bapak melalui kerja kerasnya.

Teman-teman ku menyebut sepedaku karena berwarna hijau  dengan istilah Belalang Tempur mengikuti sebutan sepeda motor jagoan anak kecil 90an pada saat itu yakni Ksatria Baja Hitam.

Bapak ku kerjanya malam hari sebagai sopir angkot antar kecamatan, sehingga punya waktu luang yang banyak di siang hari. Hampir setiap pulang sekolah jam 10.00 siang aku minta Bapak untuk mengajariku naik sepeda keliling kampung. Bapak membuat tongkat dibagian belakang sepeda yang berfungsi untuk memegangi, agar aku tidak jatuh karena belum seimbang.

Proses seimbang dalam belajar sepeda inilah yang cukup sulit, hingga Bapak memberikan teori jika tongkatnya dilepas alias tidak dipegangi dan aku berjalan sendiri maka supaya tidak jatuh disuruhlah mengayuh dengan kencang. Karena jika pelan maka akan gampang jatuh.

Beberapa hari aku mencobanya untuk belajar keseimbangan dengan cara mengayuh sepeda dengan kencang. Gubraaaak apesnya pada satu tikungan ada warga yang berjalan kaki dengan anaknya yang mana tidak bisa kuhindari untuk tidak ku tabrak. 😅

Akhirnya seiring Ksatria Baja Hitam bisa berubah menjadi Ksatria Baja Hitam RX baik RX Bio maupun RX Robo, aku semakin mampu mengendalikan kestabilan naik sepeda ontel ini.

Satu tahun berikutnya, sepertinya Bapak tau kalau aku kurang begitu suka dengan sepeda bekas itu. Alhamdulillah akhirnya Bapak ngajak ke toko sepeda untuk memilih sepeda baru.

ini cerita ku, mana cerita mu...

Komentar

Postingan Populer