~*~ Mengontrol ~*~

Dalam kitab ringkasan Ihya 'ulumuddin karya imam ghazali, di bab mengontrol & mengoreksi diri dikatakan:

Adalah suatu kewajiban bagimu untuk menerima kondisi dirimu dan mengakui kesalahan, kebodohan dan ketertipuannya, lalu engkau berkata kepada dirimu sendiri," Kenapa engkau tidak pernah merasa malu? Engkau menisbatkan kedunguan dan kebodohan kepada orang lain, padahal engkau lebih dungu dan bodoh. Engkau memaksa untuk masuk surga, lalu mengapa engkau masih sibuk bermain dan tertawa? Padahal engkaulah yang dituju oleh titah Rabb. Mungkin engkau melihat kematian masih jauh atau dekat, padahal bukankah engkau tau kematian datangnya tiba-tiba dan tanpa didahului dengan pemberitahuan? Bisa jadi hari ini atau besok adalah akhir dari kehidupanmu. Jadi ketahuilah bahwa segala sesuatu yang dinamakan "akan datang" itu pasti sudah dekat."


Temanku pernah berkata, seseorang ketika di pagi harinya menganggap bahwa dirinya di sore hari nanti masih hidup berarti dia itu orang yang panjang angan-angan. Ketika ku mendengar nasihat tersebut terasa tersentak dalam hati ini.


ya Allah Engkaulah Robb ku 
tiada yang patut di ibadahi selain Engkau yg menciptakanku
aku ini hamba-Mu dan aku terikat perjanjian dengan-Mu (menjalankan perintah) sesuai kemampuanku
aku berlindung pada-Mu dari kejahatan yang aku perbuat
aku mengakui segala nikmat yang Engaku berikan
aku mengakui segala dosaku
ampunilah aku sesungguhnya tidak ada yang bisa mengampuni dosaku kecuali Engkau

Komentar

  1. Aamiin. Tak ada yg tau hari esok seperti apa, bahkan 5menit ke depan

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih ikut meng-aamiin-kan Teh Santi, yaa masa depan itu misteri

      Hapus
  2. semoga Allah mengampuni dosa saya juga

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer